27.2.10

Latihan Minggu ke-6

Latihan ini merupakan tugas kelompok. Untuk mengerjakan tugas ini Anda harus mendapatkan bahan-bahan materi latihan (coba hubungi koordinator kelas). Materi tersebut terdiri dari satu putusan pengadilan, UU Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (selanjutnya disebut UUKDRT), dan sebuah tabel yang memuat ringkasan/rangkuman putusan dalam perkara tersebut. Apa yang harus Anda kerjakan:
(1) Pelajari dengan baik putusan pengadilan tersebut. Bersama dengan anggota kelompok, Anda wajib mengisi kolom-kolom tabel ringkasan putusan yang masih kosong.
(2) Pelajari UUKDRT, khususnya pasal-pasal terkait. Untuk mendapatkan gambaran komprehensif tentang UU ini, buatlah sebuah peta konsep. Cara membuat peta konsep, silakan unduh video PETA KONSEP dalam blog ini.
(3) Susunlah pola penalaran hakim terkait putusan ini. Perhatikan bagaimana unsur demi unsur dalam dakwaan primer dan dakwaan subsider diperagakan oleh hakim. Tugas Anda adalah membuat pola-pola ini terlihat jelas langkah demi langkah. Sebagai referensi lihat POSTING LAMA dalam blog ini, yaitu naskah berjudul SILOGISME PENALARAN HUKUM (posting 5.12.09).

Hasil pengerjaan nomor (2) wajib dikumpulkan tanggal 9 April 2010 (kelas A) dan tanggal 10 April 2010 (kelas B). Sementara hasil pengerjaan tugas nomor (1) dan (3) wajib dikumpulkan tanggal 16 April 2010 (kelas A) dan tanggal 17 April 2010 (kelas B). Selamat berlatih!