20.1.11

Selamat Bergabung dalam Kelas Penalaran Hukum

Anda saat ini sedang mengikuti perkuliahan Penalaran Hukum. Berikut ini ada beberapa pesan yang perlu Anda perhatikan:
  1. Perkuliahan mata kuliah ini didesain sekitar 14 kali pertemuan (tatap muka). Substansi perkuliahan akan banyak diisi dengan latihan-latihan, baik di kelas maupun di luar kelas (pekerjaan rumah). Anda perlu terlibat secara aktif dalam latihan-latihan ini. Mengingat jumlah peserta kuliah yang mungkin cukup banyak, dosen sering tidak mampu memberi perhatian penuh secara individual. Oleh sebab itu, penilaian atas kinerja mahasiswa akan lebih banyak dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan instrumen portofolio. Patuhilah jadwal pengisian portofolio ini. Keterlambatan pengisian portofolio sangat mempengaruhi nilai Anda nantinya. 
  2. Kerjakan latihan di kelas dan di luar kelas secara serius. Jangan mengandalkan rekan Anda untuk mengerjakan tugas-tugas kelompok. Banyak berlatih adalah kunci keberhasilan! Pengalaman menunjukkan mahasiswa yang pasif di kelas dan menganggap remeh latihan di kelas, akan mengalami kesulitan memahami soal-soal ujian.
  3. Datanglah di kelas tepat waktu. Pengamatan selama ini menunjukkan mahasiswa terbiasa untuk datang terlambat ke kelas. Dosen mungkin saja akan melakukan pendataan kehadiran mahasiswa di awal perkuliahan. Jika nama Anda sudah dipanggil dan dicatat sebagai tidak hadir (absen), maka Anda tidak lagi berhak untuk minta pengubahan atas daftar hadir tersebut.